Semarak Nusantara, Warnai Pawai Ta’aruf MTQ

By Admin


nusakini.com-Medan- Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ Nasional ke-27 Tahun 2018 mengawali rangkaian kegiatan MTQ hari ini, Sabtu (06/10). Dilepas Gubernur Sumut Ady Rahmayadi bersama Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Lapangan Kantor Gubernur, iring-iringan pawai ta’aruf diawali atraksi Hadroh Prajurit Kostrad yang melantungkan syair al Barzanji. 

Rangkaian pawai kemudian bergerak menelusuri jalur protokol Kota Medan menuju Lapangan Merdeka sebagai titik akhir pawai. Sepanjang jalan, iring-iringan peserta pawai mendapat respon antusias warga kota Medan yang menyambut MTQ dengan suka cita. 

Pawai Ta’aruf MTQ selain diiringi musik drumb band dari sejumlah sekolah termasuk dari para prajurit, pawai diwarnai dengan semarak Nusantara yang menghiasi mobil-mobil hias dengan ciri khas budaya dan identitas setiap provinsi. 

Sebuah mobil hias dengan identitas Papua mendapat respon hangat masyarakat, tidak hanya mobilnya yang berhias khas Papua juga peserta dan official Papua yang berpakaian khas daerahnya dengan ekor Cendrawasih menjulang di kepala mereka. 

Masjid Baiturrahman menjadin ikon mobil hias kafilah Provinsi  Aceh lengkap dengan pakaian tradisionalnya yang dikenakan sepasang model cantik dan ganteng. Tak ketinggalan juga mobil hias provinsi Kepulauan Riau yang menampilkan karakter perahu sebagai identitas daerahnya. 

Tidak hanya peserta dan official, kafilah DKI Jakarta dengan mobil hias yang dibuat menyerupai rumah khas Betawi , penumpang mobil kafilah DKI Jakarta membawa sosok tokoh Madit Musyawarah yang diperankan artis Ramdhani Hasbullah dalam sinetron Bukan Islam KTP yang terus menyapa warga dan bergoyang mengikuti musik Betawi. 

Selain kafilah provinsi, mobil hias juga diwarnai dengan identitas alutsista TNI dan Polri, sosok kendaraan teknis Tank mewarnai pawai ta’aruf. Pun instansi dinas, BUMN dan kelompok masyarakat ikut berpartisipasi dalam gelaran pawai ta’aruf ini. (p/ab)